Tips pemberian vaksin ayam bangkok


Tips pemberian vaksin ayam bangkok

Ayam bangkok aduan sebaiknya diberi vaksin secara berkala setiap 4-6 bulan sekali untuk ayam dewasa. jika terdapat yang kecil atau masih muda interfalnya lebih rapat. kalau sudah ada yang terserang NCD biasanya diberi vaksin ND warnanya seperti susu agak bening dan harus disimpan pada suhu rendah agar organismenya berfungsi baik. tetapi ada juga yang berwarna bening.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang unggas dan setiap penyakit punya vaksin sendiri. pemberian vaksin sebaiknya sejak ayam kita berumur 1 minggu dan dilakukan secara berkala dan sesuai dosis. vaksin adalah bibit penyakit yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam tubuh unggas atau ayam dengan dosis tertentu secara periodik. pemberian vaksin yang diberikan tidak secara berkala dan tidak sesuai dosis anjuran akan berdampak kurang baik terhadap ayam, bahkan vaksin tersebut akan bekerja sebaliknya menjadi toksin atau racun.
Pemberian vaksin diberikan secara berkala dan sesuai dosis tujuannya adalah agar anti body pada ayam bekerja baik dan maksimal membasmi bibit penyakit sesuai jenis vaksin yang diberikan.
Cara kerja vaksin sendiri bermacam-macam, yang bekerja secara menyeluruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam kita terhadap berbagai penyakit dan hanya untuk jenis penyakit tertentu. misalnya, NCD untuk menghindari jenis penyakit ini maka diberi vaksin ND. ada juga vaksin antingorok/flu dan lain-lain. Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan pada kondisi yang aman misalnya, ayam dalam kondisi sehat, kandang dalam kondisi bersih dan tidak ada ayam yang terserang penyakit.
Jika dalam peternakan terdapat ayam yang terserang NCD, segera dikubur atau dibakar dan kandangnya di sterilisasi, untuk sementara waktu jangan digunakan. bakteri jenis ini dapat bertahan dalam induk inangnya seumur hidup apabila yang terserang bisa sembuh. bakteri ini bisa bertahan sampai 10 tahun dalam kondisi yang lembab.
Jangan sekali-kali memberi vaksin kepada ayam jika kondisinya tidak fit karena vaksin sebenarnya adalah bibit penyatik yang di lemahkan. jadi jika ayam kita dalam kondisi tidak fit lalu divaksin maka anti body ayam tidak tidak bekerja dengan baik dan bisa berdampak sebaliknya terhadap ayam kita. jangan memberi vaksin dengan campuran atau kombinasi karena bisa berakibat fatal. tidak disarankan anda memberi vaksin dan anti biotik sekaligus.
Share this article :
Diposkan oleh Hidayat gagah Tips pemberian vaksin ayam bangkokayam adu
ayam bangkok aduan purwokerto Updated at: 8:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Kategori :
 
About ayambangkokaduan/ Privacy policy | Therm of use | Sitemap
© 2013. Ayam Bangkok Aduan Purwokerto - All Rights Reserved
Template Created by ayambangkokaduan
Proudly powered by Blogger
-->