Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Faktor-faktor penyebab ayam sayur atau kampung tidak disabung

Faktor-faktor penyebab ayam sayur atau kampung tidak disabung

Faktor-faktor penyebab ayam sayur atau kampung tidak disabung



Ayam sayur atau kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yang telah memasyarakat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. istilah ayam sayur atau kampung semula adalah kebalikan dari istilah "ayam ras", dan sebutan ini mengacu pada ayam yang ditemukan berkeliaran bebas di sekitar perumahan. untuk membedakannya kini dikenal istilah ayam buras (singkatan dari ayam bukan ras) bagi ayam kampung yang telah diseleksi dan dipelihara dengan perbaikan teknik budidaya (tidak sekadar diumbar dan dibiarkan mencari makan sendiri). 


Ayam sayur atau kampung memang belum cocok jika dijadikan sebagai ayam sabung dikarenakan faktor-faktor yang daintaranya meliputi :

  • struktur tulangan yang relatif tipis dan postur kecil.
kondisi ini menjadikan ayam kampung tidak ideal untuk disabung karena ayam sabung membutuhkan ukuran yang lebih besar dan power. keunggulan ayam kampung terletak pada kecepatan dan akurasi pukulan, akan tetapi stamina dan daya tahan terhadap pukulan lemah, maka banyak penghobi yang juga mengembangkan silangan ayam kampung dengan ayam trah bangkok untuk mendapatkan hasil anakan yang baik, dengan harapan akan menghasilkan anakan yang punya ukuran dan struktur tulangan yang baik sehingga bobot pukulan dan daya tahan lebih baik juga mempunyai kecepatan dan akurasi pukulan yang juga baik serta teknik tarung yang lebih variatif.


  • Sebagai sumber pangan


Ayam kampung dikenal orang pada umumnya karena dagingnya yang kenyal dan berisi, tidak lembek dan tidak berlemak sebagaimana ayam ras. ayam kampung sebagai sumber pangan sangat diminati karena dagingnya tahan pengolahan (tidak hancur dalam pengolahan). selain itu daging ayam kampung memiliki keunggulan dibandingkan daging ayam broiler, karena kandungan nutrisi yang lebih tinggi. dagingnya mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. kadar lemaknya juga relatif lebih rendah. ayam kampung dijadikan sebagai sumber protein hewani telur dan daging karena mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.


  • adanya kemungkinan mental yang kurang kuat

sumber : papaji.forumotion.com


No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->