Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Merawat ayam aduan bangkok yang sedang mabung

Merawat ayam aduan bangkok yang sedang mabung

Merawat ayam aduan bangkok yang sedang mabung


Mempunyai ayam bangkok yang berkualitas tentu diidam-idamkan oleh para penghobinya. cara perawatan yang dilakukan pun tidak sembarangan dilakukan. dan tidak hanya memelihara saja, akan tetapi juga diperhatikan hal-hal penting lainnya misalnya saja tempat pemeliharaannya (kandang atau umbaran), masalah pakan, pelatihan fisik, dan penempatan ayam aduan bangkok di kandangnya. 

Pada masa pergantian bulu atau yang sering dikenal oleh khalayak pada umumnya dengan sebutan masa mabung, merupakan kondisi dimana ayam aduan bangkok membutuhkan berbagai mineral dan protein yang lebih. sehingga mungkin banyak para penghobies ayam aduan bangkok yang kurang menyadari akan hal tersebut dengan memberi pakan ayam aduan bangkok dengan ransum pakan yang biasa saja. ayam aduan bangkok yang sedang mabung sebenarnya membutuhkan tambahan makanan yang bergizi tinggi, asupan mineral juga vitamin yang cukup.

Pemberian makanan yang memiliki kadar protein yang lebih, sangat diperlukan ayam karena pada masa mabung ini pemberian protein tersebut sangat berguna untuk mempercepat tumbuhnya bulu ayam aduan bangkok. kondisi fisik akan terlihat menurun jika mineral dan protein yang diasup oleh ayam aduan belum tercukupi. perkiraan waktu yang dibutuhkan dari mulainya mabung sampai bulunya komplit kembali membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. untuk penempatan ayam aduan bangkok yang sedang mabung di kandang jangan pernah ditempatkan satu kandang dengan ayam aduan bangkok betina, dikarenakan adanya kekhawatiran tumbuhnya bulu muda ayam yang sedang mabung nantinya dimakan oleh ayam betina. 

Selain itu, jika ingin dikawinkan juga jangan ditaruh di kandang bersama sehingga kekhawatiran akan dimakannya bulu muda dapat dicegah. adapun cara mengawinkan yang dapat dilakukan adalah dengan cara didodok. sesekali boleh juga dimandikan dan dijemur supaya tetap bersih dan sehat. 



No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->