Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara mengatasi penyakit kuning ayam aduan

Cara mengatasi penyakit kuning ayam aduan

Cara mengatasi penyakit kuning ayam aduan

cara mengatasi penyakit ayam

Berbagai penyakit yang muncul dalam pemeliharaan ayam aduan pasti tidak diharapkan akan keberadaannya. penyakit tersebut sebenarnya bisa disembuhkan dengan dicari terlebih dahulu asal muasalnya penyakit tersebut. setelah itu, barulah dilakukan pengobatan baik dengan obat kimiawi ataupun obat tradisional. atau bisa juga dengan mengkombinasikan keduanya. obat tradisional yang merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang kita untuk menyembuhkan ayam, saat ini sudah mulai mengalami kemajuan yang signifikan karena alami dan tidak mengandung efek samping. dan ternyata banyak para ilmuwan berlomba-lomba dalam meneliti kegunaan obat tradisional tersebut karena masih banyak yang belum diketahui zat yang terkandung di dalamnya. 

Penyakit kuning ayam aduan mungkin sering diidentikan dengan penyakit gangguan fungsi hati yang menyerang manusia oleh masyarakat pada umumnya. padahal sebenarnya penyakit kuning ini belum bisa dipastikan hanya menyerang fungsi hati tersebut sebelum diketahui benar-benar sebab dan asal muasalnya, bagian-bagian yang terserang penyakit, dan langkah pengobatan ayam yang bisa dilakukan. sehingga dalam proses pengobatannya tidak salah kaprah dengan memberikan obat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. tanda dari penyakit kuning ayam yang sudah semakin parah adalah kulit ayam terlihat menjadi kekuningan.  

Penyakit kuning ayam aduan bisa terjadi karena :
  • Luka dalam sehabis tarung.
  • Infeksi hati
  • Cacingan parah
  • Radang usus
  • Goham di tenggorokan
  • Salmonella
  • dll.

Adapun cara mengatasi penyakit kuning ayam aduan yang dapat dilakukan adalah :

  • Dengan menggunakan obat-obatan kimia
Pengobatan ini menggunakan supertetra dan penambahan vitamin sekaligus dicampur telur dan madu yang bisa dicampurkan ke dalam pakan ayam aduan
  • Dengan menggunakan obat-obatan tradisional

Pemberian obat tradisional menggunakan tumbukan kunyit, daun tapak liman, daun binahong, dan temu putih, yang diambil airnya. selain itu, ampas dari tumbukan ini dicampurkan dengan makanan lunak. adapun pola pemberian yang dapat di lakukan adalah setiap sore hari dan dilakukan secara rutin selama 1 minggu.

  • Dengan menggunakan obat kombinasi
Pemberian daging bekicot yang sudah dicacah dagingnya, yang kemudian dilolohkan pada ayam aduan. ditambah dengan tonikum bayer atau hufabion dengan dosis pemberian 2 kali sehari. pola pemberiannya bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. selain itu, lebih bagus lagi jika ada penambahan gula jawa didalamnya. 




No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->