Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Alami Sejuta Manfaat Untuk Perawatan Ayam Bangkok

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Alami Sejuta Manfaat Untuk Perawatan Ayam Bangkok

Cara membuat jamu ayam aduan alami penambah stamina
Jamu ayam aduan

Pola pemeliharaan ternak ayam bangkok agar sukses memerlukan perhatian ekstra, diterapkan melalui rawatan dan latihan ayam. 

Perawatan ayam bangkok dengan melakukan rutinitas menjaga dan merawat, bermanfaat agar fisik ayam bagus dan bugar. 

Menjaga dan merawat dapat dilakukan melalui pemberian makanan pokok dan minuman, diiringi (suplemen) pakan ayam bangkok tambahan seperti jamu ayam aduan alami yang mengandung sejuta manfaat.

Layaknya manusia, ayam bangkok juga perlu diberi tambahan jamu ayam aduan untuk memelihara kesehatan dan mencegah terjangkit penyakit.

Selain bahan-bahan pembuatan mudah diperoleh di sekitar kita, cara pembuatannya mudah juga bermanfaat bagus untuk memperkuat tenaga dan penambah stamina ayam bangkok.

Merawat Ayam Bangkok


Pengukuran untuk mengetahui sejauh mana kualitas hasil ternak ayam atau rawatan adalah dengan cara menurunkan ke arena adu ayam.

Arena adu ayam

Tingkat keberhasilan merawat ayam bangkok tergantung dari kerutinan anda penghobi ayam melakukan rawatan dan pelatihan, tentunya diimbangi dengan pemberian vitamin tambahan/jamu dalam prosesnya.

Ayam bangkok siap adu pada dasarnya merupakan ayam bangkok sudah cukup umur, otot dan fisik ayam sudah terbentuk. stamina, mental dan kemampuan bertarungnya sudah terlihat dari test gebrak berkali-kali.

Cara mengetahui ciri-ciri ayam bangkok siap adu adalah berat bobot ayam bangkok sudah turun kebawah menuju ke arah kaki. saat ayam dipegang dan sedikit diangkat sambil ditimang-timang, bobot ayam enteng serta terlihat otot paha dan pangkal sayap tampak padat menonjol keluar. otot leher jika dipegang akan menkeret atau seperti melawan.

Taukah anda jika cara perawatan ayam tidak benar akan mempengaruhi stamina, tenaga, akurasi, bobot pukul ataupun nafas ayam bangkok? 

Pernah tidak melihat nafas ayam bangkok ngos ngosan saat adu ayam, tak lain inilah salah satu bentuk bukti kurangnya perawatan.  

Ayam bangkok siap diturunkan ke arena aduan harus berada dalam kondisi puncak fit, cara gampang mengetahui hal ini yaitu melalui warna kulit muka dan wajah ayam bangkok merah cerah. 

Perawatan ayam bangkok dengan memperhatikan kondisi ayam prima dari sisi mental, tenaga, stamina, kecepatan dan faktor penting lainnya, sebagai langkah awal persiapan ayam sebelum diturunkan.

Mengenai kapan waktu tepat untuk memulai rawat latih pertama kali, yaitu saat anak ayam bangkok berumur 6-7 bulan atau sudah tumbuh bulu ayam rawis dan mulai berani. 

Cara merawat ayam bangkok pada tahap ini adalah pembangunan mental terlebih dahulu, lakukan pemisahan pada kandang ayam tersendiri agar trauma atau takut dengan ayam lebih tua dapat dihindari kemudian secara bertahap meningkatkan volume otot, stamina, nafas ayam bangkok melalui latihan diimbangi pemberian jamu agar diperoleh hasil maksimal.

Merawat dan menyayangi ayam 

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Alami


Bukan menjadi rahasia umum lagi, seribu manfaat terkandung dalam jamu ayam aduan baik diberikan untuk menambah stamina, tenaga, atau nafas ayam bangkok. 

Selain murah dan aman, kelebihan lainnya yaitu tidak menimbulkan efek samping sangat berbeda dengan obat-obatan kimia. 

Pola pemberian jamu ayam aduan alami sangat beragam, tergantung kegunaan entah untuk mengatasi penyakit, penjaga kesehatan badan ataupun penambah stamina ayam. 

Cara membuat jamu ayam aduan alami berikut ini lengkap memiliki sejuta manfaat untuk ayam. pengolahan dan pembuatannya pun tidak sulit, antara lain: 

1. Komposisi Bahan 


Bahan-bahan dasar jamu secara umum yaitu: kunyit, jahe, kencur, gula merah, kopi, madu dan beberapa daun-daunan. sebelum membuat jamu, lebih baik kita mengenali dan memahami dahulu fungsi dan manfaat bahan-bahan tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain:


a). Jahe (putih/merah) 1 kg
b). Kunyit mentah 1/2 kg
c). Gula merah 1 kg
d). Kencur ½ kg
e). Kopi bubuk asli 1/2 kg
f). 7 lembar daun binahong
g). Madu
h). dll, silakan tambahkan sendiri bahan-bahan yang anda anggap cocok dengan mempertimbangkan kontradiksi antar bahan.

2. Langkah Pembuatan


Sebelum memulai proses pembuatan ini, mungkin kita bisa membayangkan cara membuat jamu ayam aduan alami terlebih dahulu.

Jika masih bingung tak ada gambaran sama sekali, ikuti langkah-langkah pembuatannya antara lain sebagai berikut.

Cara pembuatan jamu:


a). Langkah pertama, bersihkan jahe, kunyit, kencur dan daun binahong lalu haluskan. bisa diblender diparut atau ditumbuk.
b). Campur bahan yang telah dihaluskan tadi menjadi satu beserta kopi
c). Rebus air dan encerkan gula merah. setelah gula merah encer masukkan dan campurkan semua adonan plus madu secukupnya, aduk hingga rata sampai mengental seperti dodol.
d). Angkat dan dinginkan
e). Buat adonan yang telah dingin tadi menjadi bulatan-bulatan kecil (pil) yang mudah ditelan oleh ayam, atau bentuk seperti apa saja sesuai selera.
f). Jemur hingga mengering dan mengeras agar lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.
g). Selesai

Manfaat Dan Cara Pemberian


Ayam kekar bertenaga siap adu

1. Jamu Ayam Penambah Stamina


Sebelum melakukan adu ayam bangkok, menjaga dan menambah stamina ayam diperlukan. apalagi jika cuaca disekitar kandang ayam memburuk atau hujan, pemberian jamu sangat efektif menjaga badan ayam sehat bugar terhindar dari penyakit. 

Cara pemberian: satu butir pil diberikan cukup 1x setiap sore hari setelah diberi makan untuk tetap menjaga stamina ayam dan kondisi tubuh tetap prima.

2. Jamu Ayam Pemulih stamina


Ayam bangkok setelah selesai diadu, stamina ayam menurun drastis. jika tidak segera diatasi, ayam dapat terserang penyakit.

Cara pemberian: satu butir pil diberikan cukup 1x setiap sore hari setelah diberi makan untuk mempercepat stamina ayam pulih. pemberian dapat dihentikan jika kondisi ayam mulai terlihat fit.

3. Jamu Ayam Siap Adu


Untuk mempersiapkan ayam bangkok siap adu turun, perlu persiapan yang matang dan serius. penggunaan jamu ayam aduan alami selain memulihkan dan menambah stamina, diketahui bagus juga manfaatnya sebagai cara melatih nafas ayam bangkok agar lebih panjang.

Cara pemberian: berikan 1 butir pil pada pagi dan sore hari selama tiga hari berturut-turut sebelum ayam bangkok turun arena adu.

Ingat bahwa tidak ada hasil yang diperoleh secara instan dalam merawat ayam, semua butuh proses dan ketekunan dalam perawatan.

Jamu ayam aduan telah banyak diteliti oleh para pakar ilmiah mengandung berbagai khasiat atau manfaat, sangat baik untuk merawat ayam bangkok aduan. 

Pemberian jamu dengan ukuran dan takaran ( tidak berlebihan ) aman untuk dikonsumsi setiap hari, baik untuk anak ayam bangkok maupun ayam aduan dewasa.

Tak kalah penting, sejuta manfaat lain yang menarik adalah selain tidak mengakibatkan ayam bangkok cepat ngurak atau mabung dapat mengkilapkan bulu ayam kusam, sungguh menakjubkan.

Demikian ulasan cara membuat jamu ayam aduan alami sejuta manfaat untuk perawatan ayam bangkok. semoga bermanfaat, salam kukuruyuk..! 

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->