link href='https://plus.google.com/111406531491508198023' rel='author'/> Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan | Ayam Bangkok aduan

Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan

Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan

cara merawat anak ayam bangkok
Anak ayam bangkok

Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan bisa dilakukan dengan cara induk ayam yang sedang mengerami telornya dijaga juga kebersihan kakinya supaya tidak mengotori telor yang sedang dieraminya. setelah anak ayam menetas dan bulunya telah mengering dipisahkan dalam kandang isolasi yang telah diberi lampu untuk penghangat sebagai pengganti induknya. jika daerahnya panas berikanlah lampu listrik 25 watt dan jika daerahnya dingin berikan lampu listrik berdaya 40 watt.

Induk ayam yang sudah menetaskan telornya dimandikan (sebaiknya direndam atau direnangkan dalam kolam) sampai badannya dingin dan dimandikan selama tiga hari berturut-turut,jika pakannya terpenuhi nilai gizinya maka 2 minggu sejak dimandikan induk ayam akan bertelor lagi. sekarang tibalah masanya untuk perawatan anak ayam aduan,untuk mendapatkan ayam aduan yang tangguh maka dari anakkan harus diperhatikan cara pemberian pakan yang benar.Sebenarnya pakan yang dijual sudah memenuhi nilai gizi untuk pertumbuhan ayam akan lebih baik lagi bila kita selingi dengan makan tambahan sebagai penunjang ketangguhan seekor ayam aduan. anak ayam yang berumur satu hari diberikan larutan gula aren sebagai penambah tenaga dan diberikan selama 10 hari.Kemudian air minumnya diganti dengan air bersih dan dicampur dengan obat minum untuk anak ayam. pada hari kedua anak ayam diberi pakan yang  dijual dipasar dengan kode 311,makanan ini banyak mengandung lemak dan diberikan sampai anak ayam berumur 40 hari.

Setelah anak ayam berumur 40 hari, cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan ini pakan yang diberikan diganti dengan pakan yang dijual dipasar dengan kode 511 dan dicampur dengan telor itik dengan perbandingan 2 telor itik untuk 10 ekor anak ayam. pemberian telor ini dilakukan sekali 2 hari sampai anak ayam berumur 2,5 bulan.Setelah itu pemberian telor ditingkatkan menjadi 4 butir yang dicampurkan dengan pakan murni untuk 10 ekor anak ayam yang diberikan sekali 2 hari sampai anak ayam berumur 5 bulan. disamping itu, kebersihan tempat minum dan tempat makan harus diperhatikan,jangan sampai tempat air minum ditumbuhi lumut atau jentik-jentik nyamuk.Tempat makan ayam selalu dicuci sehabis makan karena kebersihan itu merupakan modal untuk kesehatan. dan rajinlah selalu membersihkan kandang ayam.

Kandang ayam harus mempunyai ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara disamping itu usahakan kandang menghadap matahari pagi karena cahaya matahari pagi sangat membantu untuk pertumbuhan tulang ayam.
Setelah ayam berumur 5 bulan pakan dicampur dengan nasi dengan perbandingan 50 : 50 yang diberikan pada pagi hari.Dan sore harinya ayam diberikan makan gabah atau padi. dan pada usia ini ayam sudah boleh dikasih multi vitamin dan vitamin B komplek disamping itu ayam juga diberikan minyak ikan hiu + tablet calk (tablet calcium untuk membantu pertumbuhan pada anak-anak),yang diberikan sekali seminggu.

Setelah ayam berumur 6 bulan, cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan melakukan penggantian pakan dengan gabah atau padi, sebaiknya gabah atau padi ini direbus dahulu sampai padinya mengembung kemudian diberikan dalam keadaan dingin dan tetap memberikan multivitamin dan vitamin B komplek serta tablet calk yang diberikan secara rutin seminggu sekali.

Baca juga :
10 cara merawat anak ayam bangkok tumbuh super cepat
Cara merawat ayam bangkok turun urat setelah kalah bertarung
- Cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan


Share this article :
Diposkan oleh Hidayat gagah Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulanayam adu
ayam bangkok aduan purwokerto Updated at: 1:21 PM

3 komentar:

Post a Comment

Kategori :
 
About ayambangkokaduan/ Privacy policy | Therm of use | Sitemap
© 2013. Ayam Bangkok aduan - All Rights Reserved
Template Created by ayambangkokaduan
Proudly powered by Blogger
-->