Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan

Cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan


Cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan

cara merawat ayam bangkok aduan

Cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan bisa anda lakukan dengan memelihara ayam aduan yang dilepaskan begitu saja di kebun bersama induknya jika anda mempunyai kebun atau lahan yang luas. anak ayam yang berumur satu hari dikurung dulu bersama induknya selama satu minggu dan diberikan pakan beras dan jagung giling. untuk air minumnya sendiri bisa menggunakan air tawar yang diberi obat minum yang dijual dipasar atau dikasih larutan gula aren.

Setelah anak ayam berumur seminggu kemudian dilepaskan dikebun bersama induknya dan diberi makan dengan cacing tanah cukup diberikan sehari sekali dan diselingi pada sore harinya dengan beras. setelah anak ayam berumur 2 bulan kemudian makanannya siselingi dengan serangga (belalang,kecoak,lipan,jangkrik dll).

Disamping serangga, cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan berikutnya, pakan anak ayam diselingi dengan pemberian ikan-ikan kecil seperti ikan patima banyak terdapat diselokan atau di sungai yang dangkal. pokoknya makanan ayam harus bervariasi yang terpenting mempunyai gizi dan protein yang tinggi, dan bisa juga anda berikan kepada anak ayam isi perut ikan laut yang telah dicincang terlebih dahulu dan sesekali bisa anda selingi dengan pemberian jagung.

Jika dirumah anda mempunyai anak balita ,anda bisa memanfaatkan sisa susunya dan sisa nasi team untuk diberikan kepada anak ayam, caranya adalah dengan menggunakan sisa nasi team yang diberikan langsung kepada anak ayam sedangkan sisa susu harus dicampur dulu dengan nasi kemudian diberikan kepada anak ayam.

Anak ayam sesekali atau seringkali harus diberi air nasi atau air yang kelebihan sewaktu memasak nasi dan diambil sewaktu nasi sedang mendidih,dinginkan campur dengan nasi atau kerak nasi tambah dengan dedak halus (dedak halus yang diambil sewaktu penggilingan padi menjadi beras)dicampur kemudian diberikan kepada ayam.

Setelah ayam berumur 5 bulan, cara mudah dan praktis merawat ayam bangkok aduan pada usia ini ayam sudah boleh diberi multi vitamin dan vitamin B komplek disamping itu ayam juga diberikan minyak ikan hiu + tablet calk (tablet calcium untuk membantu pertumbuhan pada anak-anak), yang diberikan sekali seminggu. pada usia ini, ayam sudah dilatih makan gabah atau padi yang direbus dahulu sampai gembung,tunggu dingin dan diberikan pada sore hari
menjelang ayam istirahat.

Setelah ayam berumur 6 bulan pakan diganti dengan gabah atau padi,sebaiknya gabah atau padi ini direbus dahulu sampai padinya mengembung kemudian diberikan dalam keadaan dingin dan tetap memberikan multivitamin dan vitamin B komplek serta tablet calk yang diberikan secara rutin seminggu sekali.

Pada umur 5 bulan ayam sudah dipisahkan dari saudaranya yang lain dan tempatkan ayam dalam kandang dengan ukuran P x L x T = 1 m x 1 m x 0.8 m dengan tujuan untuk menghindari ayam dari patahnya bulu sayap dan bulu ekor.

Baca juga :
10 cara merawat anak ayam bangkok tumbuh super cepat
Cara merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan
Cara merawat ayam bangkok aduan setelah kalah bertarung

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->