Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Pengaruh pakan pada pertumbuhan tulang ayam aduan bangkok

Pengaruh pakan pada pertumbuhan tulang ayam aduan bangkok


Pengaruh pakan pada pertumbuhan tulang ayam aduan bangkok



Ayam aduan bangkok sangat membutuhkan dukungan fisik yangg kuat dalam bertarung, untuk jual-beli pukulan. dalam pemeliharaan, dituntut ketelatenan dan didukung dengan pakan untuk memacu pertumbuhan.yang terpenting adalah pembentukan tulang harus sempurna sejak dini. untuk ini diperlukan pemberian pakan yang cukup mineral dan gizi.

Bentuk tulang yg biasa disebut "tulangan", oleh penggemar ayam aduan merupakan hal yg vital, dan harus diperhatikan oleh para peternak dan penghoby ayam aduan. "Tulangan bangkok" merupakan istilah yang sering dipakai, yang berarti pertumbuhan tulang yang sempurna. pertumbuhan tulang baik besar, tebal dan pegangan terasa kuat.

Masalah yang sering ditemui oleh peternak dan penghoby ayam aduan di indonesia adalah pertumbuhan yang kurang sempurna, sehingga muncul sebutan tulangan tipis atau pegangan tidak enak. sehingga membuat minder dengan ayam lokal yang mereka miliki. padahal kebanyakan orang memakai pemacek dan induk yang mempunyai tulangan sempurna. dalam hal ini tidak semua ayam import mempunyai tulangan yang baik dan tidak semua ayam lokal mempunyai tulangan yang jelek.

Otomatis, tulangan yang tipis tidak disukai oleh bebotoh dan tulangan yang terlalu berat juga membuat ayam lebih lamban. bebotoh cenderung lebih suka meraba tebal sayap daripada hanya memegang tubuh ayam dalam menilai bentuk tulangan tadi. tebal persendian sayap menunjukan kualitas daripada besar pegangan badan.

Ada ayam yang mempunyai lingkaran badan atau dada yang besar tetapi mempunyai tebal tulang tipis (dinilai dari tebal sayap) dan ada ayam yang mempunyai lingkaran dada kecil tetapi mempunyai ketebalan tulang yang baik.

Jadi secara keseluruhan pertumbuhan tulang yg sempurna harus memenuhi aspek,antara lain:

Lingkaran dada atau badan yang istimewa
Tebal tiap ruas tulang,
Ruang antar persendian harus rapat, terutama pangkal leher
Kekuatan atau kekerasan tulang ayam aduan

Bila kekurangan protein atau mineral selama pertumbuhan, anda akan memdapat hasil tulangan ayam yang kurang sempurna. pertumbuhan tulang sudah dimulai sebelum menetas. indukan yang mempunyai kadar mineral yang baik, akan menghasilkan anak ayam yang baik pula, akan tetapi anak ayam aduan yang baik, belum tentu tumbuh menjadi ayam yang baik jika dipelihara dengan pola makan yang tidak teratur.

jadi, pola pakan yang teratur dan sesuai dengan porsinya sangat menentukan kualitas dari tulangan ayam aduan bangkok.

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->