Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Jenis cacing yang menyebabkan penyakit pada ayam aduan

Jenis cacing yang menyebabkan penyakit pada ayam aduan

Jenis cacing yang menyebabkan penyakit pada ayam aduan



Salah satu penyakit pada ayam aduan yang sering ditemui adalah askaridiasis. penyakit ini disebabkan oleh cacing Ascaris lumbricoides yang menyerang usus halus bagian tengah. cacing ini menyebabkan keradangan dibagian usus yang disebut hemorrhagic. larva cacing ini berukuran sekitar 7 mm dan dapat ditemukan diselaput lendir usus. parasit ini juga dapat ditemukan dibagian albumen dari telur ayam yang terinfeksi.

  • Ascaris lumbricoides

Infeksi cacing ini terutama menyerang ayam aduan usia 3-4 bulan. spesimen dari parasit ini kadang-kadang ditemukan dalam telur. cacing ini berpindah tempat dari usus ke oviduct dan dapat masuk ke dalam telur pada saat pembentukan telur tersebut. cacing dewasa mudah dilihat dengan mata telanjang karena panjang cacing dewasa mencapai 0.5 inci hingga 3 inchi.
Riwayat hidup cacing ini sangat simple. cacing betina akan meletakan telurnya di usus ayam yang terinfeksi dan akan ikut dikeluarkan bersama kotoranya, embrio cacing akan terus berkembang dalam telur tersebut meskipun tidak akan langsung menetas. larva dalam telur mencapai stadium infektif dalam 2-3 minggu. telur yang mengandung embryo ini sangat tahan banting bahkan dalam kondisi laboratorium dapat bertahan hingga 2 tahun, sedangkan dalam keadaan biasa akan tetap bertahan hingga 1 tahun bahkan lebih. hal yang penting di sini adalah desinfektan yang digunakan pada peternakan tidak dapat membunuh/ merusak telur. ayam akan terinfeksi jika memakan telur cacing ini.
Ayam yang terinfeksi oleh cacing ini akan terlihat lesu, diare dan kurus. kerusakan utama yang ditimbulkan adalah penurunan efisiensi pakan, namun kematian hanya timbul pada infeksi yang sangat berat.
pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi kandang dengan baik dan pemisahan ayam berdasarkan umur. bersihkan kandang sebersih mungkin jika kandang akan digunakan untuk populasi ayam yang baru. sedangkan obat yang digunakan adalah preparat piperazine yang hanya dapat memutus rantai penularan dengan membunuh cacing dewasa. pemberian obat ini cukup dicampurkan pada air minum.

  • Heterakis gallinae

Parasit ini tidak menimbulkan akibat yang serius pada kesehatan ayam. minimal tidak menimbulkan gejala atau patologi yang signifikan. cara penularan cacing ini sama dengan Ascaris. namun telur yang mengandung larva akan infektif dalam 2 minggu. dalam cuaca yang dingin akan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Parasit ini dapat dibasmi dengan fenbendazole.

  • Capillaria annulata atau Capllaria contorta

Cacing ini sering ditemukan pada esophagus dan tembolok. parasit ini menyebabkan penipisan dan inflamasi pada mukosa. pada system gastrointestinal bagian bawah, dapat ditemukan beberapa spesies parasit tetapi biasanya adalah capillaria obsignata.
berbeda dengan cacing yang lain, pembentukan embryo memakan waktu 6-8 hari dan akan sangat infeksius , kerusakan terparah akan terjadi pada 2 minggu setelah infeksi. parasit ini akan menimbulkan inflamasi berat dan kadang-kadang terjadi perdarahan. erosi pada usus akan menyebabkan kematian. problem yang sering ditimbulkan oleh parasit ini adalah penurunan pertumbuhan,
Sanitasi yang baik merupakan kunci pencegahan yang utama. pemberian vitamin A dapat memberikan nilai tambah. parasit ini dapat dibasmi dengan menggunakan fenbendazole atau leviamisole.

Secara umum gejala penyakit cacingan pada ayam adalah sbb:
- tubuh ayam menjadi kurus
- nafsu makan berkurang
- sayap kusam dan terkulai
- kotoran encer, berlendir berwarna keputihan dan kadang berdarah
- pertumbuhan lamban

Penanggulangan yang dapat dilakukan secara umum adalah:

  • sanitasi kandang dengan desinfektan
  • pemberian Caricid pada umur 4-6 minggu dengan dosis 3 ml/0.3 liter air untuk 10 ekor ayam. umur lebih dari 6 minggu diberi dosis 0.6 ml/1 L air untuk 10 ekor ayam
  • campurkan premix 2.4% ke dalam makanan dengan dosis 2.5 kg/kg pakan diberikan selama 5-6 hari

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->