Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / 5 cara membuat ayam aduan yang kalah agar berani bertarung kembali

5 cara membuat ayam aduan yang kalah agar berani bertarung kembali


Jika anda pecinta ayam aduan memiliki ayam adu yang pernah kalah, apalagi kalah telak, menjadi tidak bersemangat atau agresif, serta dengan rasa sakit yang diderita sehingga ayam aduan akan merasa takut bertarung dan tidak memiliki keberanian terhadap ayam lain tentu saja hal ini adalah salah satu masalah besar bagi anda. selain itu, ayam aduan bisa juga mengalami beberapa gangguan sebagai turun urat. turun urat adalah salah satu penyakit pada ayam aduan yang cukup mengganggu, khususnya di dalam pergerakan sehingga menyebabkan keterbatasan gerakan ayam saat bertarung.

Membuat ayam aduan yang kalah atau sudah jatuh mental untuk berani dengan ayam kembali dirasa tidak mudah, membutuhkan waktu yang tidak singkat. ayam leres bisa terjadi karena beberapa kondisi antara lain trauma kekalahan, shock karena takut atau kaget, dan keturunan (genetik). leres atau jatuh mental adalah suatu kondisi ketika ayam aduan menjadi tidak percaya diri dan tidak memiliki keberanian bertarung kembali, jika beranipun biasanya akan segera lari begitu merasakan sakit.

Adapun cara membuat ayam aduan agar berani bertarung kembali dibagi menjadi 3 tahapan yang antara lain adalah sebagai berikut :
  • Ayam aduan dikurung dalam jangka waktu yang lama sehingga diharapkan kan merubah kondisi ayam menjadi lebih baik. dekatkanlah ayam aduan berkumpul dengan ayam betina saja. selain itu, pemberian pakan, kebersihan kandang pun harus terjaga. lakukan ini antara 2 minggu sampai satu bulan, dan jangan ada ayam jantan jago lain yang masuk ke dalam wilayah ayam aduan leres ini.
  • Selingilah dengan mengumbar ayam betina bersama ayam jantan berpengaruh pada kepercayaan diri (tidak ada ayam jantan lain) yang lebih kecil tidak masalah. ini diperuntukkan dalam membangun mental leader.
  • Dekatkan ayam aduan dengan ayam lancur yang mulai berani kokok tapi belum memiliki keberanian bertarung. keberadaan ayam-ayam lancur yang secara fisik sudah besar tapi belum berani berkelahi, kan membuat ayam leres menjadi lebih percaya diri. ia akan cenderung mengejar dan mengintimidasi ayam-ayam muda tersebut.
  • Setelah anda yakin fase 2 terlampaui dengan baik, anda bisa mencoba mengadu ayam tersebut dengan ayam lain yang sudah pasti kalah. bisa ayam yang lebih muda dan lemah atau ayam kampung yang fisiknya lebih lemah. kemenangan terhadap ayam-ayam musuhnya tersebut sangat mempengaruhi kepercayaan dirinya. lakukan berulang kali dengan ayam-ayam lain yang lebih lemah sampai benar-benar kepercayaan dirinya pulih.
  • Sebaiknya pada saat proses perawatan ayam jatuh mental diberikan juga jamu ayam untuk merangsang mental, diberikan secara rutin agar tubuh ayam aduan semakin sehat, stamina ok dan mental kembali kuat. perawatan yang teratur akan lebih cepat dalam proses pemulihan mental ayam aduan tersebut.
Ayam aduan yang kalah dan sudah jatuh mental atau leres dapat saja diambil keturunannya, kecuali ayam leres yang memang karena garis keturunan meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa ayam leres tidak dapat diambil keturunannya karena rasa penakutnya akan turun ke anak-anaknya kelak. 

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->