Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Tips mengatasi penyakit cacar atau kutilan pada anak ayam aduan bangkok

Tips mengatasi penyakit cacar atau kutilan pada anak ayam aduan bangkok


Tips mengatasi penyakit cacar atau kutilan pada anak ayam aduan bangkok

Memang sangat menjengkelkan jika kita mempunyai anak ayam yang telah kita pelihara baik-baik, dan tiba-tiba muncul benjolan-benjolan atau kutil di sekitar kepala atau bahkan muncul di badan. memang kelihatannya sepele, tapi jika dibiarkan terus menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anak ayam itu sendiri.
Penyakit cacar/kutilan ini disebabkan oleh virus yang dipacu karena kondisi lingkungan kandang. dikarenakan biasanya kandang kotor dan lembab apalagi pada musim penghujan datang. tetapi tak perlu khawatir, berikut ini akan disajikan tips tentang mengatasi jenis dari penyakit ini. jika penanganan yang dilakukan benar caranya, mudah-mudahan akan mencegah cacar itu mewabah di kandang anda.

Berikut cara untuk menanggulanginya:

  • Selalu bersihkan kandang dan jaga selalu kondisi kandang kering, karena kelembapan kandang yang berlebihan dapat memacu datangnya penyakit ini.
  • Tutup kandang dengan rapat pada malam hari, karena carier virus ini dibawa oleh nyamuk.
  • Pisahkan segera jika ada yang mulai terjangkit, virus ini bisa menular dengan cara bersentuhan langsung.
  • Jika telah terlanjur terserang, olesi cacar dengan obat: Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (bisa pilih salah satu). sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.

Sebenarnya virus itu tidak dapat mati dengan obat-obatan di atas, akan tetapi peran yang sangat penting dari virus tersebut adalah sistem imun anak ayam itu sendiri. tak heran jika virus ini hanya muncul 1x saja dan tidak muncul lagi setelah ayam sembuh.
Kebersihan kandang dan perawatan yang benar adalah solusi terbaik sebagai pencegahan, karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan.

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->