Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Mengatasi kanibalisme ( matuk bulu ) ayam bangkok aduan

Mengatasi kanibalisme ( matuk bulu ) ayam bangkok aduan

Mengatasi kanibalisme ( matuk bulu ) ayam bangkok aduan


Salah satu hal yang menarik dari ayam bangkok aduan adalah bulunya. bulu ayam yang terlihat halus, bersih dan mengkilat sangat enak dipandang oleh mata. dan tak jarang pula dari faktor bulu tersebut bisa memikat pecinta dan penghobies ayam bangkok aduan. karena banyak para penghobies dan pecinta ayam aduan bangkok yang suka dan idealis dengan warna bulu tertentu saja, tergantung selera masing-masing.

Dalam merawat ayam bangkok aduan, bulu muda pada ayam terkadang terganggu pertumbuhannya. seperti adanya kanibalisme ayam, yaitu ayam muda maupun ayam babon yang suka mematuk atau memakan bulu muda ayam lainnya sehingga bulu ayam semakin rontok dan menganggu pertumbuhan bulu. tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa mengakibatkan ayam bangkok aduan mengalami luka yang dapat membahayakan kondisi ayam, sehingga perlu perawatan yang baik oleh si empunya.  

Kanibalisme yang terjadi pada ayam bangkok aduan disebabkan oleh kurangnya kebutuhan kalsium dan vitamin yang diasup oleh ayam yang mengakibatkan ayam memiliki kecenderungan untuk mematuk bulu ayam lainnya. kandungan yang terdapat dalam bulu muda mengandung zat phosporus yang berguna untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin yang dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan. 

Hal yang telah diutarakan diatas dirasa memang sangat merugikan, sehingga perlu dilakukan penanganan untuk mengatasi kanibalisme ayam bangkok aduan. adapun cara-cara yang dapat dilakukan adalah :
  • Pemisahan ayam berbulu muda dengan yang lebih tua agar jumlah ayam dalam suatu kandang tidak terlalu padat, sehingga dapat meminimalisir perebutan tempat dan makanan. selain itu, keseragaman umur ternak sangat penting karena kebanyakan ayam yang lebih dewasa akan menyerang ayam yang lebih muda. pemberian tambahan pemenuhan nutrisi pakan juga diperlukan dan dilengkapi agar kebutuhan ayam tercukupi.
  • Penambahan pemberian air minum yang dicampur dengan vitamin agar ayam sibuk meminum air daripada mematuk bulu
  • Menjaga kebersihan kandang dengan membersihkan kandang. sehingga dapat mencegah datangnya hewan lain seperti kutu atau lalat yang membuat tubuh ayam terasa gatal dan mematuk-matuk tubuhnya.
  • Melumasi bulu ayam yang sudah muncul bulu muda dengan minyak maupun serbuk obat yang super pahit dan tidak ada efek samping yang ditimbulkan terhadap kelangsungan pertumbuhan bulu baru tersebut, sehingga ayam akan jera jika mematuk bulu ayam lain.
Selain hal diatas, jika menginginkan bulu ayam menjadi terlihat halus, bersih dan mengkilat bisa dilakukan pemberian tambahan minyak ikan kepada ayam bangkok aduan. semoga bermanfaat.  



No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->