Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Perhatikan Pakan Ternak Ayam Bangkok Betina Agar Cepat Bertelur | Perawatan

Perhatikan Pakan Ternak Ayam Bangkok Betina Agar Cepat Bertelur | Perawatan

Pakan ayam bangkok betina agar cepat bertelur
Ayam bangkok induk betina bertelur

Keberhasilan ternak ayam bangkok sangat dipengaruhi oleh cara-cara peternak dalam pemeliharaan, pengelolaan dan perawatan ayam peliharaan.

Memaksimalkan perawatan ayam bangkok salah satunya meliputi kecukupan pemberian pakan ternak ayam seimbang kaya nutrisi, mineral dan protein.

Memperhatikan pakan ternak ayam itu penting..

Pernah tidak mempunyai pengalaman ayam bangkok betina anda susah atau tidak mau bertelur ?

Atau tergolong lamban, kurang cepat bertelur..

Hmm, masalah satu ini tak jarang ditemui pada pemeliharaan ternak ayam bangkok.

Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara perawatan ayam bangkok yang baik, salah satunya yaitu melalui pemerhatian pakan ternak.

Setelah selesai membaca artikel pakan ternak ayam bangkok betina agar cepat bertelur ini, semoga dapat menambah pengetahuan anda sukses beternak.  

Baik, coba baca sampai selesai..

Faktor Penyebab Ayam Susah Bertelur


Menjaga kondisi ayam bangkok betina adalah salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya pemeliharaan ternak. 

Telur ayam menetas

Setiap peternak pasti menginginkan ayam induk peliharaan produktif maksimal, yaitu cepat dan rutin bertelur. 

Beberapa penyebab ayam susah bertelur antara lain:

1. Ayam Mandul


Ayam bangkok betina diketahui mulai melakukan reproduksi saat memasuki umur 7 hingga 8 bulan. 

Walau telah dicoba berulangkali dikawinkan dengan ayam jago, masalah kurang produktif untuk menghasilkan telur dapat terjadi karena ayam bersifat mandul.

2. Pakan Ternak Ayam 


Ciri-ciri ayam bangkok betina sehat yaitu kulit berwarna merah cerah dan tidak pucat pada bagian muka. 

Kualitas pakan ayam berprotein rendah, kurang nutrisi dan vitamin menimbulkan gangguan kesehatan atau berefek kurang baik.

3. Cuaca dan Suhu Ruangan.


Faktor cuaca saat musim hujan atau kemarau, perubahan suhu tinggi panas atau digin dapat mempengaruhi kondisi ayam betina induk mudah lelah sehingga susah bertelur atau mungkin jika bertelur tidak akan ditetaskan secara baik.

4. Ayam Betina Stres


Mengalami keadaan stres, jarang diumbar (dilepas) secara bebas dari kandang ternak, dapat menjadi penyebab sulit untuk bertelur meskipun umur ayam sudah memasuki masa produktif.

5. Mental Ayam Rendah


Mental rendah dapat dialami oleh induk ayam perawan atau baru pertama kali bertelur, disebabkan oleh kekalahan saat bersaing dengan induk lain yang berumur lebih dewasa.

Langkah penanganan untuk mengatasi kasus seperti ini, lakukan pemisahan dari induk ayam lebih dewasa agar bebas tidak ada saingan dalam melakukan perkawinan dengan ayam jago pejantan.

Perawatan Ayam Bangkok 


Cara merawat anak ayam bangkok yang bagus dimulai dari perawatan induk terlebih dahulu. tak hanya harus benar sebab ketelitian dapat berpengaruh pada hasil kerja.

Tahukah anda kalau pertumbuhan tulang anak ayam bangkok dimulai dari sebelum menetas?

Perawatan ayam bangkok melalui pemberian pakan dengan kadar mineral nutrisi tercukupi mampu meningkatkan kualitas telur, pengandung cadangan pakan baik untuk bakal calon anak ayam. jadi, berilah ayam bangkok betina makanan mengandung nutrisi dan protein yang cukup. 

1. Cara Perawatan Sebelum Bertelur 


a. Membuat Sarang Eram


Memperhatikan pembuatan sarang eram, penting dilakukan jika ayam bangkok betina induk termasuk dalam kategori cukup sulit mengerami telur. sarang eram berfungsi sebagai tempat ayam menyimpan telur sebelum masuk tahap pengeraman.

Sarang Eram

Posisi letak sarang eram yang bagus, tidak terkena sinar matahari langsung yaitu pada daerah bayangan.

Induk ayam cenderung tidak mau bertelur atau bertelur tetapi berjumlah sedikit, jika sarang terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, melakukan pengaturan kelancaran sirkulasi udara pada sarang dirasa penting agar induk ayam nyaman untuk mengerami telur.

Cara membuat box sarang eram ayam: 

a). Bahan box sangkar enam dapat menggunakan kayu atau bambu.
b). Bagian tengah box diberi piring atau baskom kemudian ditutup dengan jerami, bertujuan memberi bentuk cekungan pada sarang eram agar telur tidak mudah berpindah tempat. 
c). Sarang eram diberi dinding berlubang untuk memberikan perlindungan dari pengaruh lingkungan sekitar.

b. Perawatan


Meletakan segenggam daun tembakau dicampur jerami di sekeliling sarang eram, langkah perawatan induk dari kutu ayam. 

Efek bau tembakau tidak mempengaruhi ayam bangkok betina saat sedang mengerami telur, diketahui bagus juga sebagai cara menghilangkan kutu ayam bangkok yang ampuh.

c. Pakan Ayam Bangkok


Selain menghasilkan telur ayam yang berkualitas bagus, nutrisi pakan diketahui mempengaruhi masa produksi telur induk.

Peningkatan pakan ternak ayam jauh di bawah standar, dapat dilakukan melalui cara pemberian pakan tambahan pengandung gizi seimbang sesuai takaran tidak kurang atau lebih.

Pakan tambahan berupa sayuran, vitamin, atau jamu ayam aduan alami bermanfaat agar kebutuhan ayam akan nutrisi terpenuhi. 

Beberapa contoh jenis makanan ayam bangkok yang bagus untuk mengatasi induk susah bertelur antara lain kol, sawi, azolla ( sejenis tanaman paku air ) serta sayuran lainnya dengan takaran perbandingan pakan ayam dan sayuran 4:1. 

Pemberian tambahan vitamin seperti minyak ikan 1 butir setiap hari serta gilingan kulit kerang dalam makanan, bagus juga diberikan untuk ayam selama proses bertelur saja.

Memasuki proses pengeraman telur, penempatan makanan dan minuman di dekat sarang pengeraman diperlukan. 

Selain aktifitas induk ayam tak terganggu, penempatan pakan dan minuman terdekat bertujuan agar induk tidak terlalu lama meninggalkan tempat pengeraman sehingga cepat kembali mengerami telur.

Cara merawat ayam bangkok betina selain pola perawatan diatas, adalah selalu menjaga kebersihan kaki ayam agar tidak mengotori telur yang sedang dierami. 

Perawatan saat musim kemarau, suhu tinggi membuat ayam betina mudah lelah dan tidak akan menetaskan telur dengan baik. 

Menyemprotkan air kepada induk pada pagi dan sore hari adalah cara untuk mengatasi tingginya suhu, juga berguna agar ayam tidak mudah turun dari sarang eram.

2. Cara Perawatan Ayam Setelah Pengeraman


Setelah masa pengeraman, ayam bangkok betina rentan mengalami kondisi lemas letih karena lama terkurung dalam sarang eram. 

Memandikan ayam

Maka dari itu, perawatan ayam bangkok untuk mengatasi hal tersebut antara lain:

a). Melepas ayam bangkok induk dari sarang enam ke tempat umbaran yang luas (pekarangan rumah).
b). Memberi makanan ayam bangkok cukup gizi. 
c). Memberi tambahan pakan ayam atau extra virgin berupa mineral B-12 dan kalsium (kalk) dapat diperoleh di toko atau gritt (cangkang kerang) yang dijual di pasar serta daun-daunan (misalnya daun pepaya, tomat, atau rumput-rumputan dll).

Selain pemberian pakan ternak ayam bangkok, menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum diperlukan untuk mencegah timbulnya penyakit.

Cara perawatan ayam oleh peternak berbeda-beda, baik dengan tidak langsung menyapih anakan begitu menetas atau membiarkan induk bebas mengasuh anak ayam bangkok terlebih dahulu.

Induk ayam bangkok setelah menetaskan telor, dimandikan (sebaiknya direndam atau direnangkan dalam kolam) sampai badan dingin selama tiga hari berturut-turut dengan catatan tidak boleh berlebihan. 

Jika pakan ayam terpenuhi nilai gizi dan nutrisi, maka 2 minggu setelah dimandikan induk ayam mau kawin dan cepat bertelur lagi.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->