Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara Menghilangkan Kutu Ayam Bangkok Paling Mudah ~ Ikuti Tips Membuat Ramuan Ayam Alami Berikut Ini..

Cara Menghilangkan Kutu Ayam Bangkok Paling Mudah ~ Ikuti Tips Membuat Ramuan Ayam Alami Berikut Ini..

Cara menghilangkan kutu
Kutu ayam pada bulu

Kutu ayam bangkok dapat menggagalkan penetasan telur.

Serangan kutu tidak mengakibatkan kematian ayam bangkok betina, tetapi membuat efek gatal yang luar biasa, terlihat kurus dan lemas bahkan bobot tubuh ayam turun.

Apakah anda mempunyai ayam bangkok betina yang terkena infeksi kutu?

Hati-hati sobat dalam pemeliharaan ternak ayam bangkok anda, jika konsumsi pakan menjadi berkurang ( kurang nafsu makan ) dan sering mematok bulu ayam karena gatal bisa jadi pertanda terkena kutu.

Selain itu dapat menular dari ayam satu ke lainnya, jika dipelihara pada kandang ternak ayam bangkok yang sama.

Terjangkit kutu ayam bangkok saya rasa sesuatu yang tidak diinginkan oleh para peternak bukan.

Oleh karena itu, kalau anda ingin mengetahui cara menghilangkan kutu ayam bangkok paling mudah, ikuti tips membuat ramuan alami berikut yang HARUS anda baca.

Mari kita mulai.

Faktor Penyebab Kutu 


Cara memelihara ayam bangkok saat pengeraman oleh peternak, lebih banyak menggunakan tetasan alami melalui eraman induk.

Proses pengeraman alami membuat ayam bangkok betina kurang aktif bergerak serta suhu badan meningkat sehingga membuat kutu bahagia dan betah di sarang eram.

Ayam betina induk mengerami telur

Istilah kutu ayam bangkok sendiri dikenal sebagai makhluk kecil yang membuat repot atau risih, jenis tengu yang menyerang ayam aduan.

Kutu diketahui sebagai salah satu masalah umum pemeliharaan ternak ayam bangkok dan ada beberapa jenis tengu yang akan menggerayangi burung anda, ha ha ha.

Cara menghilangkan kutu agar ampuh dan efektif, ketahui dahulu faktor-faktor penyebabnya antara lain:

1. Kandang Ayam Bangkok Kurang Bersih 


Menjaga kebersihan dan kelembaban kandang adalah cara mencegah kutu cepat berkembang, yaitu dengan membuang tumpukan sisa-sisa kotoran dan pakan berhari-hari pada kandang ayam bangkok.

2. Kandang Kurang Terkena Sinar Matahari


Kutu ayam bangkok tidak suka panas cahaya matahari, kandang ternak ayam yang bagus lebih baik jika menghadap matahari agar mendapatkan sinar yang cukup.

Ciri-ciri dan Cara Penularan Kutu 

Kutu ayam

Secara umum kutu menyerang ayam bangkok betina saat mengerami telur, tetapi jika berjumlah terlalu banyak juga akan berimbas pada yang lain.

Efek kutu ayam bangkok sebenarnya tidak langsung menimbulkan kematian tetapi sangat merugikan, sebab dapat mengganggu ketenangan ayam.

Sebaliknya jika kontak langsung dengan manusia, kutu dapat menyebabkan gatal-gatal alergi di tubuh. oleh karena itu, sebelum melakukan kontak dengan ayam pastikan menghilangkan kutu terlebih dahulu.

Caranya anda bisa menggunakan pilihan berbagai ramuan ayam bangkok yang dibahas pada ulasan dibawah kali ini.

1. Ciri-ciri Ayam Bangkok Terkena Kutu


Kutu ayam bangkok bersembunyi atau bertelur di sela-sela dinding di sekitar kandang pada siang hari, sedangkan malam harinya akan mengerubuti induk ketika mengerami telur.

Telur kutu akan menetas setelah 3 hari dan akan berusaha mencari makanan yaitu menghisap darah induk.

Kutu diketahui berkembang biak dengan menempelkan telur-telur mereka pada bulu ayam dan juga ditempatkan di sarang.

Ayam terkena kutu

Beberapa ciri-ciri ayam bangkok terkena kutu antara lain:

a. Merasa gatal-gatal sering mematuk atau mengibaskan bulu terutama pada ekor, lebih parah jika sampai melanda keseluruh permukaaan tubuh.
b. Dapat menimbulkan iritasi pada ujung saraf sehingga menyebabkan ayam tidak tenang.
c. Kelihatan tampak kurus dan pucat.
d. Kurang nafsu makan yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan.

2. Cara Penularan Kutu Ayam


Kutu menempel dan menyerang tubuh dengan cara menerobos tangkai bulu ayam serta kulit, tanpa peduli memperhatikan kriteria umur tertentu alias berlaku untuk semua ayam.

Beberapa cara penularannya antara lain:

a. Kontak langsung antara ayam terkena kutu dengan yang tidak
b. Kutu terbang terbawa angin sehingga hinggap ke ayam bangkok lain

Cara Menghilangkan Kutu Ayam Bangkok 


Menghilangkan kutu ayam, menurut beberapa pengalaman para peternak caranya berbeda-beda.

Secara praktisnya rajin memperbarui jerami atau merang untuk tempat mengeram telah dijemur sinar matahari sebelumnya, langkah awal perawatan ayam bangkok yang harus dilakukan.

Selain itu, jerami atau merang bekas harus dibakar agar membuat kutu hilang dan mencegah tidak menular pada ayam lainnya.

Cara menghilangkan kutu ayam berikutnya, pengolesan kandang ayam bangkok dengan oli bekas membuat kutu tidak betah dan bakal lari.

Oli bekas

Atau bisa juga menggunakan ramuan ayam bangkok alami berikut, tebukti ampuh untuk menghilangkan kutu dijamin tak akan kembali lagi.

Ramuan ayam bangkok alami selain harganya murah dan bahan mudah didapat, proses pembuatannya pun terbilang gampang serta aman ramah lingkungan.

1. Ramuan Ayam Bangkok Alami Versi 1 


Bahan pembuatan ramuan ayam bangkok versi pertama menggunakan daun sirih sebanyak 1 0ns.

Cara membuat ramuan ayam bangkok ini ambil daun sirih kemudian dirajang-rajang sampai halus, lalu taburkan kedalam kandang ayam.

Atau bisa juga dengan cara merendam daun dalam air hangat dan didiamkan selama satu hari agar menjadi pestisida, kemudian saring langsung disemprotkan kedalam kandang ayam bangkok betina induk.

2. Ramuan Ayam Bangkok Alami Versi 2 


Jenis cuka putih adalah disinfektan alami yang memiliki sifat anti bakteri dan pembunuh jamur, telah lama diketahui ampuh untuk membersihkan kandang ayam bangkok.

Ramuan ayam bangkok menggunakan cuka dengan penambahan kulit jeruk, biji vanili dan beberapa batang kayu manis akan lebih baik.

Minyak jeruk dan biji vanili berkhasiat sebagai pencegah serangga dan nyamuk alami, sedangkan minyak kayu manis dapat membunuh larva nyamuk.

a. Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:

Cuka putih

~ Cuka putih 1 botol, bukan cuka sari apel karena akan menarik lalat
~ Jeruk nipis 3 buah, peras ambil air nya 
~ Garam 1 sendok
~ Biji vanili 2 buah, iris bagian tengah kemudian tumbuk haluskan
~ Kayu manis 2 batang, hancurkan 
~ Air 600 ml
~ Ember kecil
~ Saringan
~ Botol semprotan

b. Cara membuat ramuan ayam bangkok


Langkah awal cara membuat ramuan ayam, masukan semua bahan secara berurutan kedalam ember kecil kemudian aduk selama 2-3 menit sampai rata.

Biarkan selama 10 menit, lalu disaring dan masukan kedalam botol semprotan, ramuan siap disemprotkan kedalam kandang atau tempat eram dan induk ayam.

Ramuan ayam bangkok alami ini dapat bertahan sekitar satu bulan, kocok botol terlebih dahulu sebelum pemakaian untuk tetap menjaga khasiat dan bau harumnya.

Cara diatas dapat dilakukan baik sebelum atau sesudah ayam bertelur.

Sedangkan cara menghilangkan kutu ayam di tubuh manusia, cepat-cepat mandi menggunakan sabun kemudian basuh daerah terkena gatal dengan air teh hijau atau teh hitam.

Selain itu, pakaian yang digunakan direndam dan dicuci menggunakan detergen.

Apabila rasa gatal bandel tak mau hilang, minumlah obat antihistamin/ anti gatal yang dapat dibeli di apotek terdekat. bisa juga menggunakan gel lidah buaya dengan cara dioleskan ke bagian kulit yang terasa gatal bekas digigit kutu ayam.

Demikian semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan artikel selanjutnya.

2 comments:

da loading gambar dan video offscreen -->