Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara membasmi kutu ayam aduan bangkok tradisional ampuh

Cara membasmi kutu ayam aduan bangkok tradisional ampuh

cara membasmi kutu ayam aduan

Jika dijumpai ayam aduan bangkok mengalami gejala-gejala seperti tampak kurus, pucat, ayam gelisah dan sering menyisir atau mematuk-matuk bulu karena gatal kemudian sering mengibas-ibaskan bulunya, itu adalah gangguan yang disebabkan oleh kutu ayam. kutu ayam merupakan hama berupa parasit luar yang biasa menempel pada tubuh ayam aduan seperti ayam bangkok. kutu tubuh dan kudis yang menyerang ayam senang memakan reruntuhan dan mengisap darah dengan cara menerobos tangkai bulu dan kulit yang terluka. 

Ayam aduan yang terkena infeksi kutu, konsumsi pakan ayam aduan menjadi berkurang ( kurang nafsu makan ) yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan pada ayam. kutu pada ayam dapat berpindah dari ayam yang satu ke ayam yang lainnya, jika ayam-ayam tersebut dipelihara pada kandang yang sama. penularan bisa melalui cara kontak langsung atau kontak fisik, udara, maupun lainnya. kutu pada ayam biasanya makan ketombe kering, bulu, atau kulit yang mengelupas. dan kutu juga menyerang ayam aduan bangkok tanpa memperhatikan umurnya alias menyerang ayam pada semua umur.

Cara membasmi kutu ayam aduan bangkok dengan cara tradisional yang mudah ternyata efektif untuk membasmi kutu pada ayam aduan menurut beberapa pengalaman para peternak ayam aduan. selain murah harganya, juga bahan-bahannya pun banyak terdapat di sekitar lingkungan kita. kutu dapat menimbulkan iritasi pada ujung saraf sehingga menyebabkan ayam tidak tenang. terlebih lagi anak ayam aduan bangkok yang terserang oleh kutu dapat mengalami kematian. jadi kewaspadaan sejak dini mulai dari anak ayam aduan sampai dewasa dirasa perlu jadi kewajiban yang utama.

Adapun cara tradisional tersebut antara lain :

  • Membasmi kutu ayam aduan menggunakan tembakau : 
yaitu dengan cara menyebarkan rajangan tembakau pasar di kandang, atau bisa juga dengan menggunakan air rendaman tembakau ini dan disemprotkan di kandang. tembakau pasar yang berwarna hitam pekat makin baik. tembakau ini juga bermanfaat bagi ayam yang cacingan.

  • Membasmi kutu ayam aduan menggunakan kapur ajaib :
yaitu dengan cara digerus atau dikerik dan ditaburkan ke kandang. 

  • Membasmi kutu ayam aduan menggunakan bengle ( tumbuhan obat sejenis jahe )
caranya parut rimpang bengle, ambil airnya kemudian disemprotkan atau dicipratkan ke lokasi yang terkena kutu. semoga bermanfaat.....



No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->