Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Cara mengatasi penyakit Marek (Visceral Leukosis) pada ayam aduan

Cara mengatasi penyakit Marek (Visceral Leukosis) pada ayam aduan

Ayam aduan seperti ayam bangkok, ayam saigon, ayam burma, ayam shamo yang sehat punya stamina prima dan tidak mudah terkena penyakit ayam merupakan dambaan dari para penghobi dan pecinta ayam aduan. cara merawat, latihan, dan pola pakan yang teratur dan terjaga menjaga kesehatan badan ayam aduan terhindar dari penyakit ayam. kesehatan merupakan prioritas utama, sehingga jika anda mempunyai ayam aduan dengan kualitas yang bagus, teknik bertarung yang baik, berasal dari trah jawara, dan sebagainya kriteria diatas kiranya perlu dilakukan.  

Penyakit Marek (Visceral Leukosis) pada ayam aduan disebabkan oleh virus tipe DNA yang tergolong herpes tipe B. marek diidentikan dengan penyakit ayam yang menyerang anak ayam aduan. meskipun demikian, menurut penelitian dari para ahli ternyata penyakit ini juga dapat menginfeksi ayam yang lebih tua. anak ayam aduan yang terserang jenis penyakit ayam ini adalah kelompok umur 3-10 minggu. umur 8-9 minggu merupakan umur yang paling rawan. penularan dapat terjadi secara kontak langsung, kotoran ayam, debu dan peralatan kandang. 

Marek dapat menimbulkan beberapa variasi gejala klinis, antara lain:
  • Penyakit marek tipe visceral
Ditandai dengan lesi pada gonad, hati, limpa, ginjal dan kadang-kadang pada jantung, paru dan otot. Penyakit ini biasanya akut, rupanya unggas yang sehat akan mengalami kematian secara cepat dengan tumor internal yang masif.
  • Penyakit marek tipe neural 
Ditandai dengan kelumpuhan yang progresif pada sayap, kaki dan leher. penurunan berat badan, anemia, kesulitan bernapas dan diare merupakan gejala yang sering ditemukan .
  • Ocular leucosis atau “gray eye”
Morbiditas dan mortalitas biasanya sangat kecil tetapi disebutkan mendekati 25%. gejalanya dikarakteristikan dengan spotty depigmentation atau diffuse graying pada iris mata. pupil mata berbentuk irregular dan gagal bereaksi terhadap cahaya. diare berat dan kematian.
  • Skin leukosis
Pembesaran folikel bulu karena akumulasi limfosit. pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi pada DOC berumur 1 hari dengan vaksin Cryomarex HVT atau Cryomarex Rispens. ayam aduan yang terinfeksi sebaiknya dimusnahkan agar tidak menularkan ke ayam yang sehat.

Adapun cara mengatasi penyakit marek pada ayam aduan hampir sama dengan Snot yaitu :
  • Kandang usahakan slalu terjaga kebersihannya.
  • Penambahan multi vitamin secara berkala yang dibutuhkan ayam aduan. pemberiannya dapat dicampurkan ke dalam pakan ayam aduan sesuai kebutuhan saja misalnya 1x sehari dengan takaran 30% vitamin tambahan,70% pakan.
  • Pola pakan dan minum yang teratur sesuai dengan kebiasaan pemberian pakan ayam aduan sehari-hari.
  • Pemberian tetraclor pagi dan sore untuk ayam dewasa 1x sehari, (untuk ayam dibawah 1 bulan tetraclor campur di minuman saja).
  • Untuk ramuan tradisional bisa memakai 1 butir kunyit dan kencur (parut / cacah / haluskan), dengan dosis 2x pemberian dalam sehari, sampai ayam aduan dirasa mulai fit kembali. kasihkan pagi dan sore hari.
Semoga selalu diingat, usaha yang sungguh-sungguh disertai dengan doa pasti akan berbuah hasil yang seperti diharapkan. semua jenis penyakit yang muncul pasti ada obatnya. dan tak lupa juga, seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. semoga ada manfaatnya untuk kita semua. 

Baca Juga :


1 comment:

da loading gambar dan video offscreen -->