Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / cara mengobati penyakit mata ayam bangkok

cara mengobati penyakit mata ayam bangkok

Jenis penyakit ayam bangkok beragam seperti penyakit ayam pada mata. jenis penyakit mata ayam bangkok antara lain mata ayam bengkak, mata ayam berbusa, mata ayam berair, mata ayam siwar atau rabun, mata ayam terkena jalu, mata ayam pecah, mata ayam buta bahkan mata ayam bernanah kadang ditemukan pada ayam aduan. penyakit bisa timbul akibat pergantian cuaca buruk tak menentu, kondisi kandang kurang bersih dan hangat. penyakit ayam juga diketahui bisa menular. jadi tingkat kewaspadaan dirasa perlu. bukankah mencegah penyakit lebih baik dari mengobati ayam?

Penyakit mata ayam bangkok dalam pembahasan disini merujuk pada mata ayam robek bahkan bisa pecah. jalu ayam masuk mengancam bagian mata. bisa saja membuat mata ayam bangkok dalam arena tarung ayam luka, lecet, sobek, cacat, bahkan pecah. resiko sebagai ayam aduan petarung. penanganan mengobati luka ringan ayam mudah ditangani. cukup lakukan pemolesan obat merah atau antiseptik pada bagian luka. lantas bagaimana jika luka ayam bangkok berat dan parah?

Mengobati mata ayam bangkok robek, penanganan serta pengobatan khusus diperlukan. pemberian obat merah, antiseptik, atau obat mata dirasa kurang tepat. jika tidak segera ditangani, mata ayam robek bisa lepas dan berlubang. penanganan cepat tanggap memungkinan mata ayam terhindar dari cacat, seperti pincang, buta, dan lain-lain. maka dari itu, penyesuaian obat penyembuh dengan penyakit ayam bangkok harus dilakukan.  

Ayam bangkok jika bagian mata robek bahkan pecah terkena jalu diobati menggunakan cara tradisional, ternyata bisa sembuh. perkembangan penggunaan obat tradisional untuk keperluan penyembuhan penyakit, sudah begitu familiar. seiring kadang ditemukan penyakit modern tidak bisa di atasi dengan penangganan keilmuan kedokteran. menurut beberapa pakar ayam, pemberian daun kelor jika ditumbuk halus bila dioleskan pada luka ayam dapat mempercepat proses penyembuhan. bisa juga menggunakan getah ubi rambat. penelitian membuktikan tanaman kelor mengandung zat antibiotik sebagai zat pencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Cara pemberian obat ayam jika menggunakan daun kelor adalah dengan memanfaatkan getah daun berwarna putih bening pada tangkai daun. teteskan getah pada bagian mata ayam dengan dosis 1-2 tetes. penanganan cepat dilakukan dengan tidak lebih dari satu hari, atau setelah terkena jalu ayam lawan. segeralah teteskan getah tanaman kelor. kemudian mata ayam ditutup dengan plester selama satu hari penuh. jika dirasa masih bengkak, pada hari berikut penetesan dan penutupan dapat dilakukan. sedang menggunakan getah ubi rambat, tata cara pemberian hampir sama. hanya sebelum obat diberikan, pembersihan luka pada bagian mata ayam dilakukan terlebih dulu. dan lihatlah hasilnya selama 3 hari. semoga bermanfaat. 

Baca Juga :
- Obat tradisional agar stamina ayam aduan lebih kuat dan bagus
- 3 contoh gambar sisik kaki ayam batu rantai
- Ciri ayam pakhoy malaysia lawan istimewa ayam burma






2 comments:

  1. mata ayam saya sebelah kanan entah kenapa pagi hari pecah setelah keesokan harinya hitam mata melebar dan tidak membentuk bulat lagi gimana penangannya gan?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. mata ayam saya sebelah kanan entah kenapa pagi hari pecah setelah keesokan harinya hitam mata melebar dan tidak membentuk bulat lagi gimana penangannya gan?? mohon bantuannya

    ReplyDelete

da loading gambar dan video offscreen -->