Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Bulu sayap ayam penentu alat kelamin anak ayam bangkok

Bulu sayap ayam penentu alat kelamin anak ayam bangkok

bulu anak ayam bangkok aduan

Warna bulu ayam aduan berbagai jenis dan macamnya seperti warna wiring kuning, wiring galih, wangkas, klawu, blorok, jalu, dan lainnya merupakan selera dari masing-masing penghobi dan pecinta ayam aduan seperti ayam bangkok. nilai keindahan tersendiri bulu ayam aduan tak jarang dapat memikat minat pecinta ayam aduan. terlebih lagi jika anda termasuk pecinta ayam aduan yang fanatik dengan bulu, mungkin anda akan mencari warna bulu yang langka dan masih jarang untuk dimiliki baik sebagai pajangan, hobi, atau malah ingin menciptakan variasi warna bulu sesuai dengan keinginan. 

Berbicara mengenai alat kelamin anak ayam, jenis alat kelamin anak ayam bangkok pada usia 1 hari memang sangat susah untuk ditebak. jika anda pusing. bingung, galau untuk menentukan alat kelamin anak ayam bangkok aduan, apakah jantan atau betina, salah satu cara untuk menebak perbedaan jenis jantan dan betina anak ayam aduan ternyata dapat ditelusuri lewat chick sexing bulu ayam aduan. chick sexing itu sendiri mempunyai peran yang penting dalam proses pemeliharaan ternak ayam. 

Sebelum membahas chick sexing bulu ayam aduan yang telah diteliti oleh ilmuwan dari Missouri, ada baiknya kita samakan dulu pendapat mengenai bagian penting dari sayap ayam dan bulu sayap merupakan blok vital pada ayam aduan. sayap ayam anak ayam bangkok aduan dibagi menjadi tiga bagian bulu sayap berdasarkan posisi sayap tersebut di sepanjang sayap, yaitu :
  • Bulu primer, bulu yang terletak pada bagian ujung sayap, biasanya berjumlah 10 lembar (bentuk bulu-bulu ini lebih panjang dan sempit), berfungsi sebagai daya pendorong pada loncatan ayam.
  • Bulu aksial, bulu ini terletak pada bagian tengah sayap dan hanya berjumlah 1 lembar.
  • Bulu sekunder, bulu yang terletak pada bagian pangkal sayap (setelah bulu aksial), biasanya berjumlah 10 lembar (bentuk bulu-bulu ini lebih lebar ,cenderung lebih pendek dari bulu primer dan letaknya pun lebih rapat antara bulu satu dengan yang lainnya), berfungsi untuk membantu daya angkat/dorong pada loncatan ayam.
Sedangkan untuk menentukan seperti apa jenis alat kelamin anak ayam aduan adalah dengan memperhatikan bulunya pada hari ke 1 atau hari ke 2 :
Bulu primer lebih panjang dengan bulu primer bayangan (dengan kata lain pertumbuhan bulu primernya lebih cepat panjang dari pada anak ayam berjenis kelamin betina). coba perhatikan foto perbandingan anak ayam diatas.
  • Untuk jenis alat kelamin anak ayam bangkok aduan jantan.
Bulu primer lebih pendek dari anak ayam berjenis kelamin betina dan bulu primer seukuran dengan bulu primer bayangan.

Pertumbuhan anak ayam aduan sangat cepat, seiring dengan pakan ayam yang diberikan. jika jenis kelamin anak ayam aduan ditentukan pada hari berikutnya, dirasa metode ini sudah tidak bisa digunakan lagi. kalau bisa disimpulkan bulu primer anak ayam berjenis kelamin betina lebih panjang pada hari 1 dan 2. keakuratan metode itu sudah teruji dan digunakan dalam banyak industri peternakan. semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->