Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Jamu ayam aduan pencegah penyakit lumpuh ayam vietnam

Jamu ayam aduan pencegah penyakit lumpuh ayam vietnam

Kewaspadaan akan jenis penyakit ayam aduan seperti penyakit lumpuh ayam yang disebut sebagai tetelo (ND) dalam merawat ayam aduan dirasa perlu bagi anda pecinta ayam aduan seperti ayam vietnam. tak hanya penyakit lumpuh, penyakit ayam seperti penyakit korep, penyakit ngorok ayam, penyakit congek, penyakit kuning ayam, penyakit pilek atau snot, sewaktu-waktu dapat menyerang ayam aduan. mengatasi penyakit ayam, penyebab penyakit sebaiknya dicari dahulu baru diberikan obat ayam secara kimiawi ( buatan pabrik ) atau obat ayam alami dari alam.  

Jika ayam aduan seperti ayam aduan vietnam terkena tetelo (ND), konon katanya belum ada obat ayam yang mampu untuk mengobati penyakit ayam ini. paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan cara pencegahan. jamu ayam aduan sebagai obat ayam alami tradisional dirasa mampu sebagai pencegah penyakit ayam, layaknya penyakit lumpuh ayam aduan akibat ND. selain proses pembuatan, bahan bahan, tahan lama untuk disimpan, jamu ayam aduan berkhasiat juga sebagai penambah stamina ayam, peningkat daya tahan tubuh ayam, serta suplemen mineral ayam vietnam aduan.

Bahan untuk membuat jamu ayam aduan yang dibutuhkan :

  • Jahe Instan 100 gram atau 3ons jahe basah dihaluskan ( ditumbuk Halus)
  • Kunyit Instan 100 gram atau 3 ons kunyit basah dihaluskan ( ditumbuk Halus)
  • Kencur instant 100 gram atau 3 ons kencur basah yang dihaluskan
  • Temulawak instant 100 gram atau 3 ons temulawak basah yang dihaluskan
  • 1 sendok the Merica bubuk
  • 3 butir telur bebek / ayam kampung
  • 200 gram kalk / great sebagai sumber mineral calcium
  • 500 gram tepung ikan kualitas yang bagus
  • 500 gram konsentrat bebek / ayam petelur
  • 511 atau pur makanan ayam secukupnya
  • 1 bungkus Jamu kuat untuk manusia misalnya kukubima
Cara membuat jamu ayam aduan pencegah penyakit lumpuh ayam : 
Campukan seluruh bahan kecuali pur ayam dan telur, setelah tercampur merata tambahkan telur dan aduk merata tambahkan pur ayam dan juga tambahkan air secukupnya sampai bahan bahan tersebut membentuk suatu adonan yang dapat di bentik, coba digenggam dan dibentuk jika sudah dapat untuk membentuk silahkan adonan dibentuk bola bola kecil sebesar kelereng, jika seluruh adonan sudah terbentuk silahkan di jemur sampai kering, setelah kering siap diberikan pada ayam vietnam. lebih bagus lagi jika pakan ayam yg diberikan ditambah makanan ayam yang banyak mengandung kalsium, fosfor, vit A, vit D, vit B12 serta beberapa potong daging udang kupas kulit, 2 biji per hari. 

Dosis / Cara Pemberian Jamu
1. Masa latihan………..........…... 2 x 1 hari.
2. Menjaga kesehatan…............. 1 x 1 hari.


3. Untuk pacek...………..........…. 2 x 1 minggu

Jenis penyakit ayam ini termasuk jenis penyakit ayam istimewa menyerang saraf dan sistem pernapasan. dirasa penyakit ayam jenis tetelo (ND), keseleo atau terkilir, kerusakan otot setelah adu ayam atau meloncat dari ketinggian, luka pada kaki ayam, kurang vitamin merupakan hal yang dapat menjadi penyebab ayam vietnam lumpuh. jika ayam aduan terkena penyakit tetelo, ayam cenderung akan mengalami mati. berbeda jika vaksin ayam sudah diberikan. daya tahan tubuh ayam aduan cenderung cukup kuat terhindar dari kelumpuhan. luka ayam seperti bubul pada telapak kaki ayam aduan atau pada lutut juga menyebabkan lumpuh sehingga dibutuhkan ketelatenan dalam pengobatan ayam. 

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->