Dapatkan strategi jitu meningkatkan kualitas ayam dan penjualan

/ / Ciri ayam vietnam ( saigon ) aduan istimewa tak selalu gundul

Ciri ayam vietnam ( saigon ) aduan istimewa tak selalu gundul

Popularitas ayam vietnam ( saigon ) kian istimewa membaik di kalangan penghobies dan pecinta ayam aduan. tak kalah dengan jenis ayam petarung seperti ayam bangkok, ayam burma, silangan ayam bangkok birma, dan ayam aduan lain. ayam vietnam (saigon) aduan terkenal dengan ciri bentuk kepala ayam gundul atau botak, dengan tidak ada bulu pada kepala ayam sebagai ciri ayam istimewa tersendiri. pernyataan dari peternak ayam asli vietnam menjelaskan ayam vietnam aduan yang terlahir memiliki kepala gundul atau botak sejak lahir secara garis keturunan merupakan ayam aduan yang berasal dari madagascar, bukan vietnam sehingga realita ayam vietnam diketahui tak selalu berkepala gundul, melainkan ada yang berbulu normal seperti ayam aduan pada umumnya. 

Keterangan dalam dunia internasional perayaman yang sudah dihak patenkan, asal usul ayam vietnam ( ayam saigon ) asli memiliki ciri tidak berkepala gundul. dikutip dari buku buku tua GameFowl "sabung ayam seluruh dunia" yang di tulis oleh Dr. Finsterbusch, Werner Lamkemeyer mendapat informasi tentang keaslian ayam vietnam. buku tersebut menjelaskan bahwa sekitar 10.000 tahun yang lalu, imigran malaioiden coklat atau kuning ( orang berketurunan asia ) mengimpor ayam gundul atau botak asli madagascar sebagai hewan peliharaan, ke wilayah asia ( benua nusantara dan negara-negara seperti indonesia, laos, kamboja dan vietnam ) yang diambil dari pantai timur afrika selatan sampai dengan madagaskar dan beberapa pulau kecil di sekitarnya dengan menggunakan kapal layar kecil atau kano.

Keturunan atau darah ayam vietnam dapat ditelusuri lewat GA DON yang terdiri dari 2 jenis yaitu :
  • Keturunan atau darah MA LAI ( sudah terlahir dalam keadaan tidak gundul )
Ayam keturunan ini terkenal dengan julukan ayam vietnam atau Ganoi
  • Keturunan atau darah MA CHI ( sudah terlahir dalam keadaan gundul )
Ayam keturunan ini terkenal dengan julukan ayam saigon khususnya di Indonesia.

Adu ayam dalam adat istiadat vietnam mewajibkan ayam aduan harus gundul atau botak dalam setiap pertarungan ayam. dianggap ayam istimewa jika ayam aduan kepala gundul, dipercaya ayam akan sulit dipegang, mudah dirawat atau diurut leher dan paha. kulit ayam vietnam juga menjadi merah dan tebal. inilah alasan masyarakat vietnam tertarik dengan ayam madagascar yang sudah gundul sejak lahir, untuk disilangkan dengan ayam vietnam asli dan keturunan ayam aduan juara lainnya. di indonesia, banyak ditemukan ayam gundul aduan bukan keturunan ayam vietnam asli, melainkan berasal dari keturunan madagaskar. akan tetapi, terdapat perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya terutama dari leher, telinga sampai kepala.

Baca Juga :
- Obat tradisional agar stamina ayam aduan lebih kuat dan bagus
- Cara membentuk otot dan stamina anak ayam bangkok
- Ciri gaya tarung ayam birma bagus untuk aduan

No comments:

Post a Comment

da loading gambar dan video offscreen -->